Pengaruh
Industri Game Terhadap Perekonomian Indonesia
A. Latar Belakang
Game merupakan hal yang bukan asing
lagi di Indonesia. Mungkin pada tahun 2000-an awal yang terbesit oleh
masyarakat awam adalah permainan yang dimainkan di Game Boy maupun di warung
internet. Namun, di Era digital ini terutama di era industri 4.0 , game
bukanlah lagi sebatas permainan yang semata bertujuan untuk menghibur saja.
Di Zaman sekarang, hampir semua
orang memeiliki posel pintar. Sehingga game juga mengikuti perkembangan
tekhnologi. Game yang dulunya dominannya berada di komputer, namun untuk
sekarang game di ponsel pintar hampir menyamai game yang berada di komputer
sehingga banyaknya persaingan antar
platform yang menyediakan beberapa jenis game seperti steam, playstore, Uplay,
epic games, dan sebagainya. Ada juga game yang memerlukan perangkat terpisah dalam
memainkannya seperti Playstation, Nitendo, Xbox dan sebagainya
Di zaman Industri 4.0 merupakan
zaman industri kreatif, zaman dimana orang-orang berlomba untuk menciptakan
kesejahtaraan baru yang bisa berupa barang maupun jasa yang dapat membuka
lapangan pekerjaan yang baru. Walaupun Industri kreatif memiliki pandangan pro
dan kontra, industri kreatif dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru di
Indonesia yakni e-sport. Tidak dapat dipungkiri bahwa e-sports
menciptakan banyak lapangan pekerjaan baru didalamnya yang layak bagi
masyarakat Indonesia. Tidak harus menjadi seorang atlet (professional gamer)
ada berbagai profesi seperti organizer, shout caster, konten kreator, dan
berbagai profesi lain sesuai talenta yang dimiliki. Tinggal bagaimana
kreatifnya seseorang serta cara mengasah keahliannya agar bisa masuk ke
bidang-bidang tersebut
Setelah melihat beberapa potensi
yang ada, peran industri game di Indonesia sangatlah besar terhadap
perekonomian Indonesia. Untuk itu, saya memiliki suatu pemikiran untuk membuat
suatu penelitian yang bertujuan untuk mengukur seberapa besar peran Industri
game terhadap perekonomian Indonesia dan bagaimana cara untuk mengembangkan Industri
kreatif dibidang e-sports agar dapat bersaing di kancah internasional
B. Identifikasi
Masalah
1.
Besarnya pengaruh pada
peran industri game terhadap perkembangan perekonomian Indonesia
2.
Langkah-langkah yang akan
diambil dalam mengembangkan Industri game di Indonesia
C. Batasan Masalah
1. Masalah penelitian ini dibatasi oleh variabel X yaitu
peran industri game, yang mana industry game akan dilihat seberapa besar dampak
dan pengaruhnya terhadap perekonomian Indonesia
2. Masalah penelitian ini dibatasi oleh variabel Y yaitu
perekonomian Indonesia, yang mana perekonomian Indonesia bisa bersaing di
kancah internasional melalui industry game
D.
Rumusan Masalah
1. Bagaimana peran Industri game terhadap perekonimian
Indonesia ?
2. Bagaiman Langkah-langkah negara dalam memajukan
perekonomian Indonesia melalu e-sports ?
E.
Tujuan Penelitian
1.
Untuk mengetahui
seberapa besar peran Industri game dalam mengembangkan perekonomian Indonesia
2.
Untuk mengetahui
langkah-langkah yang akan diambil oleh negara Indonesia untuk memajukan
perekonomian Indonesia melalui e-sports
F.
Manfaat Penelitian
Penelitian ini dapat beramanfaat
bagi pihak-pihak yang ingin mengetahui pengaruh industri game dalam
perekonomian Indonesia, yaitu sebagai berikut
1. Penelian ini bermanfaat bagi pihak-pihak yang ingin
masuk kedalam dunia e-sports seperti atlet professional, shoutcasting,
konten creator dan lain-lain guna mengetahui perkembangan dunia e-sports dan
memasukinya sebgai lapangan pekerjaan yang baru
2. Penelitan ini bermanfaat bagi pemerintah yang ingin
menerima industry game secara utuh dan meilihat dari sisi ekonomi sebagai
potensi yang bagus dan mau mengembangkannya
0 Comments