Pengaruh Industri Game Terhadap Perekonomian Indonesia

 

A. Latar Belakang

            Game merupakan hal yang bukan asing lagi di Indonesia. Mungkin pada tahun 2000-an awal yang terbesit oleh masyarakat awam adalah permainan yang dimainkan di Game Boy maupun di warung internet. Namun, di Era digital ini terutama di era industri 4.0 , game bukanlah lagi sebatas permainan yang semata bertujuan untuk menghibur saja.

            Di Zaman sekarang, hampir semua orang memeiliki posel pintar. Sehingga game juga mengikuti perkembangan tekhnologi. Game yang dulunya dominannya berada di komputer, namun untuk sekarang game di ponsel pintar hampir menyamai game yang berada di komputer sehingga  banyaknya persaingan antar platform yang menyediakan beberapa jenis game seperti steam, playstore, Uplay, epic games, dan sebagainya. Ada juga game yang memerlukan perangkat terpisah dalam memainkannya seperti Playstation, Nitendo, Xbox dan sebagainya

            Di zaman Industri 4.0 merupakan zaman industri kreatif, zaman dimana orang-orang berlomba untuk menciptakan kesejahtaraan baru yang bisa berupa barang maupun jasa yang dapat membuka lapangan pekerjaan yang baru. Walaupun Industri kreatif memiliki pandangan pro dan kontra, industri kreatif dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru di Indonesia yakni e-sport. Tidak dapat dipungkiri bahwa e-sports menciptakan banyak lapangan pekerjaan baru didalamnya yang layak bagi masyarakat Indonesia. Tidak harus menjadi seorang atlet (professional gamer) ada berbagai profesi seperti organizer, shout caster, konten kreator, dan berbagai profesi lain sesuai talenta yang dimiliki. Tinggal bagaimana kreatifnya seseorang serta cara mengasah keahliannya agar bisa masuk ke bidang-bidang tersebut

            Setelah melihat beberapa potensi yang ada, peran industri game di Indonesia sangatlah besar terhadap perekonomian Indonesia. Untuk itu, saya memiliki suatu pemikiran untuk membuat suatu penelitian yang bertujuan untuk mengukur seberapa besar peran Industri game terhadap perekonomian Indonesia dan bagaimana cara untuk mengembangkan Industri kreatif dibidang e-sports agar dapat bersaing di kancah internasional

 

B. Identifikasi Masalah

1.      Besarnya pengaruh pada peran industri game terhadap perkembangan perekonomian Indonesia

2.      Langkah-langkah yang akan diambil dalam mengembangkan Industri game di Indonesia

 

 

 

 

C. Batasan Masalah

1.      Masalah penelitian ini dibatasi oleh variabel X yaitu peran industri game, yang mana industry game akan dilihat seberapa besar dampak dan pengaruhnya terhadap perekonomian Indonesia

2.      Masalah penelitian ini dibatasi oleh variabel Y yaitu perekonomian Indonesia, yang mana perekonomian Indonesia bisa bersaing di kancah internasional melalui industry game

D. Rumusan Masalah

1.      Bagaimana peran Industri game terhadap perekonimian Indonesia ?

2.      Bagaiman Langkah-langkah negara dalam memajukan perekonomian Indonesia melalu e-sports ?

E. Tujuan Penelitian

1.      Untuk mengetahui seberapa besar peran Industri game dalam mengembangkan perekonomian Indonesia

2.      Untuk mengetahui langkah-langkah yang akan diambil oleh negara Indonesia untuk memajukan perekonomian Indonesia melalui e-sports

F. Manfaat Penelitian

            Penelitian ini dapat beramanfaat bagi pihak-pihak yang ingin mengetahui pengaruh industri game dalam perekonomian Indonesia, yaitu sebagai berikut

1.      Penelian ini bermanfaat bagi pihak-pihak yang ingin masuk kedalam dunia e-sports seperti atlet professional, shoutcasting, konten creator dan lain-lain guna mengetahui perkembangan dunia e-sports dan memasukinya sebgai lapangan pekerjaan yang baru

2.      Penelitan ini bermanfaat bagi pemerintah yang ingin menerima industry game secara utuh dan meilihat dari sisi ekonomi sebagai potensi yang bagus dan mau mengembangkannya